Mitsubishi L300 jadi angkot di Bandung (Sumber foto: Pinterest/yohanes hendra)
Kalau urusan mobil niaga, dijamin nama Mitsubishi L300 atau kerap dipanggil Colt L300 pasti udah enggak asing.
Lama tak terdengar, tenyata mobil legendaris buatan Mitsubishi ini masih mendapat perhatian dari Mitsubishi Motors lho.
Buktinya, Mitsubishi Motors berencana memperbarui Colt L300 dalam waktu dekat.
Hal ini diungkapkan oleh Osamu Masuko, Chief Executive Mitsubishi Motors beberapa waktu yang lalu.
Namun kita tidak akan membahas soal rencana generasi terbaru Mitsubishi L300, tapi kita akan bahas versi jadulnya dulu.
Mitsubishi Colt L300 kerap disebut Elsapek yang merupakan panggilan 'slang' dari Bahasa Cina yaitu L dan sapek alias 300.
Elsapek alias Mitsubishi L300 jadi primadona untuk kendaraan komersial dan niaga karena mesinnya yang bandel dan memang bertenaga.
Bahkan di beberapa tempat, dulu pada masanya Elsapek dipakai untuk segala jenis keperluan dari mobil keluarga, mobil bak pengangkut barang, hingga kendaraan umum.
Poster jadul Mitsubishi L300 Elsapek (Sumber foto: AWANSAN)
Mau tahu dong sama kisah lengkap mobil legendaris dari Mitsubishi ini?
Versi pertamanya dikenalkan di Indonesia oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, APM Mitsubishi kala itu tahun 1981 sebagai pengganti Mitsubishi Colt T120.
Kalau ngomongin bentuk mobilnya meski lebih dikenal sebagai mobil bak, sebenarnya punya beragam rupa karena memang banyak versi karoserinya dari mobil keluarga, mobil bak, hingga setelan kursi macam angkot.
Tapi kalau urusan mesinnya, versi pertama masih pakai mesin bensin berkubikasi 1.400 cc (Mitsubishi 4G33 Saturn) dengan empat percepatan.
Pada tahun 1984, mesin bensinnya mendapat update menjadi Mitsubishi 4G32 Saturn dengan tenaga 71 dk dan memiliki lima percepatan.
Nah pada pada tahun 1984 Mitsubishi juga memperkenalkan Colt L300 bermesin diesel konvensional 2.300 cc dengan kode mesin 4D55 Astron bertenaga 65 dk dan torsi maksimal 137 Nm di 2.000 rpm.
Lalu versi mesin yang paling terkenal sampai sekarang adalah 4D56 Astron yang dimunculkan pada tahun 1988. Mitsubishi Colt L300 yang sudah dibekali mesin ini memiliki daya 74 dk dan torsi maksimalnya 142 Nm.
Performa torsinya ini membuat Elsapek santer dikenal punya perfoma gila di daerah yang jalanannya berkontur naik turun.
Posisi persneling di lingkar merah (Yogieza)
Selain itu kalau melihat foto di atas, Elsapek punya sebuah keunikan yang enggak dimiliki kebanyakan mobil zaman sekarang.
Yap, Mitsubishi Colt L300 alias Elsapek punya keunikan tersendiri.
Lihat posisi tuas persnelingnya terletak di setir, padahal di mobil lain tuas persneling umumnya terletak di konsol tengah.
"Sejak L300 dibuat dulu sampai sekarang persnelingnya ya di setir," ungkap Ilham Iranda Syahputra, Departement Head Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
Pihak manufaktur tetap mempertahankan keunikan ini disebabkan beberapa hal.
"Masukan dari pengguna. Mereka meminta agar tetap dipertahankan model perseneling ini," papar Ilham.
Dengan posisi tersebut area kabin lebih lapang.
"Sehingga memuat 2 penumpang dan 1 pengemudi," bilang Ilham.
Henry Katio, owner PT Sardana Indah Berlian Motor, dealer Mitsubishi Sumatera Utara mengungkapkan alasan unik lainnya.
"Supir itu posisi duduknya kadang nyender ke pintu. Posisi persneling di setir lebih enak jika dipindahkan saat duduk nyender. Posisi tangan kanan ditopang pintu," ungkapnya.
Mitsubishi Colt L300 Elsapek versi lawas dengan lampu bulat (Sumber foto: AWANSAN)
Selain itu mungkin belum banyak yang tahu juga kalau Mitsubishi L300 juga pernah ikutan reli Paris Dakar lho!
Mitusbishi L300 Paris Dakar (Sumber foto: dakardantan.com)
Nah khusus untuk reli Paris Dakar, Mitsubishi L300 yang digunakan adalah yang bertipe penggerak 4 roda alias 4WD.
Jenis ini sering dipanggil Mitsubishi Delica L300 4WD yang sayangnya tidak dikeluarkan di Indonesia.
Dapur pacunya lebih bertenaga dibanding versi penggerak 2 roda atau 2WD yang banyak wara-wiri di Indonesia.
Mitsibishi L300 4WD Paris-Dakar 1985 (Sumber foto: pictotomotif)
Menggunakan mesin diesel berspesifikasi 4D56 T Astron 2.500 cc dengan tambahan turbo, Mitsubishi Delica L300 4WD punya tenaga maksimal 83 dk dan punya torsi maksimal sebesar 201 Nm!
Karena ketangguhannya, Mitsubishi Delica L300 4WD punya julukan The Mighty Wombat di luar negeri.
Simak deh video iklan Mitsubishi Delica L300 4WD ini, kocak bikin ngakak karena mobilnya bisa terbang!
--------------------------------------------------------- Sumber: GridOto
Kalau urusan mobil niaga, dijamin nama Mitsubishi L300 atau kerap dipanggil Colt L300 pasti udah enggak asing.
Lama tak terdengar, tenyata mobil legendaris buatan Mitsubishi ini masih mendapat perhatian dari Mitsubishi Motors lho.
Buktinya, Mitsubishi Motors berencana memperbarui Colt L300 dalam waktu dekat.
Hal ini diungkapkan oleh Osamu Masuko, Chief Executive Mitsubishi Motors beberapa waktu yang lalu.
Namun kita tidak akan membahas soal rencana generasi terbaru Mitsubishi L300, tapi kita akan bahas versi jadulnya dulu.
Mitsubishi Colt L300 kerap disebut Elsapek yang merupakan panggilan 'slang' dari Bahasa Cina yaitu L dan sapek alias 300.
Elsapek alias Mitsubishi L300 jadi primadona untuk kendaraan komersial dan niaga karena mesinnya yang bandel dan memang bertenaga.
Bahkan di beberapa tempat, dulu pada masanya Elsapek dipakai untuk segala jenis keperluan dari mobil keluarga, mobil bak pengangkut barang, hingga kendaraan umum.
Poster jadul Mitsubishi L300 Elsapek (Sumber foto: AWANSAN)
Mau tahu dong sama kisah lengkap mobil legendaris dari Mitsubishi ini?
Versi pertamanya dikenalkan di Indonesia oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, APM Mitsubishi kala itu tahun 1981 sebagai pengganti Mitsubishi Colt T120.
Kalau ngomongin bentuk mobilnya meski lebih dikenal sebagai mobil bak, sebenarnya punya beragam rupa karena memang banyak versi karoserinya dari mobil keluarga, mobil bak, hingga setelan kursi macam angkot.
Tapi kalau urusan mesinnya, versi pertama masih pakai mesin bensin berkubikasi 1.400 cc (Mitsubishi 4G33 Saturn) dengan empat percepatan.
Pada tahun 1984, mesin bensinnya mendapat update menjadi Mitsubishi 4G32 Saturn dengan tenaga 71 dk dan memiliki lima percepatan.
Nah pada pada tahun 1984 Mitsubishi juga memperkenalkan Colt L300 bermesin diesel konvensional 2.300 cc dengan kode mesin 4D55 Astron bertenaga 65 dk dan torsi maksimal 137 Nm di 2.000 rpm.
Lalu versi mesin yang paling terkenal sampai sekarang adalah 4D56 Astron yang dimunculkan pada tahun 1988. Mitsubishi Colt L300 yang sudah dibekali mesin ini memiliki daya 74 dk dan torsi maksimalnya 142 Nm.
Performa torsinya ini membuat Elsapek santer dikenal punya perfoma gila di daerah yang jalanannya berkontur naik turun.
Posisi persneling di lingkar merah (Yogieza)
Selain itu kalau melihat foto di atas, Elsapek punya sebuah keunikan yang enggak dimiliki kebanyakan mobil zaman sekarang.
Yap, Mitsubishi Colt L300 alias Elsapek punya keunikan tersendiri.
Lihat posisi tuas persnelingnya terletak di setir, padahal di mobil lain tuas persneling umumnya terletak di konsol tengah.
"Sejak L300 dibuat dulu sampai sekarang persnelingnya ya di setir," ungkap Ilham Iranda Syahputra, Departement Head Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
Pihak manufaktur tetap mempertahankan keunikan ini disebabkan beberapa hal.
"Masukan dari pengguna. Mereka meminta agar tetap dipertahankan model perseneling ini," papar Ilham.
Dengan posisi tersebut area kabin lebih lapang.
"Sehingga memuat 2 penumpang dan 1 pengemudi," bilang Ilham.
Henry Katio, owner PT Sardana Indah Berlian Motor, dealer Mitsubishi Sumatera Utara mengungkapkan alasan unik lainnya.
"Supir itu posisi duduknya kadang nyender ke pintu. Posisi persneling di setir lebih enak jika dipindahkan saat duduk nyender. Posisi tangan kanan ditopang pintu," ungkapnya.
Mitsubishi Colt L300 Elsapek versi lawas dengan lampu bulat (Sumber foto: AWANSAN)
Selain itu mungkin belum banyak yang tahu juga kalau Mitsubishi L300 juga pernah ikutan reli Paris Dakar lho!
Mitusbishi L300 Paris Dakar (Sumber foto: dakardantan.com)
Nah khusus untuk reli Paris Dakar, Mitsubishi L300 yang digunakan adalah yang bertipe penggerak 4 roda alias 4WD.
Jenis ini sering dipanggil Mitsubishi Delica L300 4WD yang sayangnya tidak dikeluarkan di Indonesia.
Dapur pacunya lebih bertenaga dibanding versi penggerak 2 roda atau 2WD yang banyak wara-wiri di Indonesia.
Mitsibishi L300 4WD Paris-Dakar 1985 (Sumber foto: pictotomotif)
Menggunakan mesin diesel berspesifikasi 4D56 T Astron 2.500 cc dengan tambahan turbo, Mitsubishi Delica L300 4WD punya tenaga maksimal 83 dk dan punya torsi maksimal sebesar 201 Nm!
Karena ketangguhannya, Mitsubishi Delica L300 4WD punya julukan The Mighty Wombat di luar negeri.
Simak deh video iklan Mitsubishi Delica L300 4WD ini, kocak bikin ngakak karena mobilnya bisa terbang!
--------------------------------------------------------- Sumber: GridOto
Tags:
MOBIL PEDIA