Kapolres Sleman: Beli Helm Jangan Lihat Model dan Warnanya

Tips naik motor

Dinas Perhubungan Sleman bersama Polres Sleman membagi-bagikan helm berlogo SNI ke sejumlah pengendara motor, pada Selasa (9/10/2018).

Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari Kampanye Keselamatan Lalu Lintas 2018.

Menurut Kapolres Sleman, AKBP Firman Lukmanul Hakim, ada beberapa alasan kenapa helm SNI wajib dimiliki oleh pengendara sepeda motor.

"Namanya saja SNI, berarti helmnya kan sudah menjadi standar. Proses pengujiannya pun juga dilakukan," jelas Firman.

Firman menyebut ada beberapa indikator pengujian terhadap helm SNI, yaitu kualitas, daya tahan, hingga usianya. Helm tersebut juga sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Lewat pengujian tersebut, bisa dipastikan helm berlogo SNI memiliki kualitas yang jauh lebih baik ketimbang helm biasa, terutama untuk melindungi pengendara.

"Kelihatannya sepele, tapi justru itu yang memberi pengaruh besar terhadap keselamatan berkendara," jelas Firman.

Apalagi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah dari manusianya, sehingga kesadaran akan disiplin lalu lintas sangat diperlukan.

Firman pun menghimbau agar masyarakat selalu mengecek secara teliti saat akan membeli helm. Sebisa mungkin memastikan ada logo SNI di helm tersebut.

"Jangan dipikirkan harga, warna, atau modelnya, yang penting bagaimana helm tersebut bisa menjaga keselamatan diri saat berkendara," pesan Firman.

---------------------------------------------------------
Sumber: TribunNews

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama