Alasan Ninja 150 Ganti Tabung RIS Pakai Nova Dash, Gejala Gas Nyangkut Akhirnya Hilang

Kawasaki Ninja 150

Pemilik dan penggemar Kawasaki Ninja 150 series memilih ganti tabung RIS (Resonator Intake System) standar dengan milik Honda Nova Dash.

Muncul pertanyaan alasan mengganti tabung RIS Ninja 150 dengan empunya Nova Dash.

Biar lebih jelas, ada baiknya cari tahu apa fungsi dari tabung RIS ini.

"Fungsi RIS untuk menampung campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar sempurna," ucap Deni Setiade alias Ude, kepala mekanik Kawasaki Berkat Asia Pasifik di Jl. Mampang Prapatan Raya No. 32, Mampang, Jakarta Selatan.

Ternyata, alasan para pengguna Ninja 150 series mengganti tabung RIS dengan kepunyaan Honda Nova Dash karena sering terjadi kebocoran lantaran RIS standarnya rusak atau robek.

Efeknya, membuat langsam motor menjadi besar dan putaran mesin susah turun seperti gejala gas tersangkut.

"Posisi langsam akan lebih tinggi jika terjadi kebocoran. Sebab, tidak ada kevakuman yang membuat campuran udara terlalu kaya," tambah Deni.

Kebocoran itu bisa disebabkan banyak faktor.

Paling sering, bocor atau pecah pada area sambungan ke tabung.

Wajar terjadi, karena tabung ini ikut kembang kempis tertarik dan terdorong kompresi mesin.

Buat yang sering mengalami kendala tabung RIS bocor pada Ninja 150 series, bisa coba gunakan tabung induksi milik Honda Nova Dash.

Perannya sama, cuma bentuknya saja yang berbeda.


Tabung RIS
Tabung RIS Honda Nova Dash & Kawasaki Ninja 150 (Sumber foto: GridOto.com)

Selain bentuk yang berbeda tabung induksi Nova Dash lebih tebal dan bisa menampung campuran bahan bakar dan udara lebih banyak.

Buat memasangnya, kalian harus membuatkan bracket tambahan agar bisa terpasang sempurna di rangka Ninja 150.

---------------------------------------------------------
Sumber: GridOto

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama